Akulturasi Budaya Korea di Indonesia terhadap generasi Z
AKULTURASI BUDAYA KOREA
DI INDONESIA TERHADAP GENERASI Z
Akulturasi itu sendiri adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Secara singkat, pengertian akulturasi adalah proses adaptasi dengan tetap mempertahankan kebudayaan lama. Menurut KBBI juga Akulturasi yaitu, proses masuknya pengaruh kebudayaan asing dalam suatu masyarakat sebagian menyerap secara selektif atau banyak unsur kebudayaan asing itu dan sebagian berusaha menolak pengaruh itu.
Disini saya akan menganalisa mengenai Akulturasi Budaya Korea di Indonesia di masa sekarang. Sudah banyak masyarakat di Indonesia bahkan Dunia yang menggandrungi budaya Korea, awal mula nya yaitu lewat jalur music, film dan drama. K-pop adalah sebutan dari korean pop, salah satu bentuk budaya korea yang populer dan disukai semua orang. Budaya Korea sudah masuk di Indonesia sejak tahun 2000 an berawal dari penayangan drama korea di serial TV dan masuk nya K-Pop yang semakin berkembang hingga sekarang. Penyebaran budaya korea yang cepat meluas itu tersebut didukung dengan teknologi yang semakin berkembang seperti internet dan media sosial. Banyak masyarakat indonesia yang mendengarkan lagu-lagu Kpop ataupun menonton drama korea tapi, tanpa melupakan musik dan film yang ada di Indonesia. sekarang, banyak generasi Z dari yang sudah dewasa hingga masih kanak-kanak yang menggunakan atau juga mereka mengikuti kebudayaan Korea di kehidupan sehari-sehari.
Tidak hanya itu yang menjadi alkuturasi budaya Korea di Indonesia Karena, budaya Korea yang masuk ke Indonesia itu sangat banyak seperti juga fashion mereka yang sekarang pun di pakai juga di kalangan masyarakat Indonesia di genarasi Z ini. Outfit yang dipakai oleh masyarakat Indonesia kebanyakan mengikuti style masyarakat ataupun idol K-pop di Korea. Sebenarnya, pakaian Korea tidak masuk dengan Indonesia karena, baju-baju yang mereka pakai sedikit tebal mengikuti suhu yang ada disana sementara di Indonesia sendiri memiliki iklim tropis yang dimana cuacanya sangat panas. Makanan Koreapun saat ini menjadi inceran masyarakat Indonesia untuk dicoba dan banyak makanan Korea dan Indonesia di olah dan digabungkan menjadi satu.
Budaya Korea terhadap generasi Z sekarang sangat berpengaruh dari segi berpakaian, cara bicara, tingkah laku dan Pendidikan. Banyak pelajar yang bercita-cita bisa melanjutkan sekolahnya di korea, sekarang banyak anak-anak muda kreatif yang memadukan tarian dari budaya Indonesia dengan music K-pop dan ada juga yang menggabungkan hanbok pakaian adat tradisional Korea dengan batik pakaian adat Indonesia. Cara bicara pun juga sering di gabungkan dengan bahasa korea. Tingkah laku generasi Z sekarang pun juga banyak yang mengikuti budaya korea Seperti, berfoto menggunakan gaya "Saranghaeyo" yang melambangkan hati.
Di Indonesia budaya Korea saat ini memang sangat berpengaruh bukan hanya di masyarakat saja tapi juga, di dunia perekonomian. Brand-brand lokal di Indonesia saat ini banyak yang berkerja sama dengan artis dan Idol korea untuk dijadikannya brand ambassador di produk yang dimiliknya. Ide-ide generasi Z sekarang sangat luar biasa dengan populernya budaya korea saat ini banyak yang membuka bisni mengambil dari budaya korea seperti, berjualan makanan khas korea yaiu, Tapokki. Tak hanya itu, ada juga yang berjualan cake yang terinspirasi dari korean cake ini semua juga di padukan dengan makanan yang ada di Indonesia.
Dapat dilihat bahwa, Akulturasi budaya Korea di
Indonesia terhadap generasi Z sangat merubah kehidupan generasi Z sekarang.
Tapi, sebagian masyarakat ada yang menerima perubahan itu tetapi ada juga yang
menolak perubahan tersebut.
Sumber :
kompasiana.com
Komentar
Posting Komentar