Perbandingan visual iklan Air Aqua dan Air Minerale

 

PERBANDINGAN  VISUAL IKLAN

 AIR AQUA DAN AIR LE MINERALE

Nabilla Ananda Parta | 10822742 | 2MA10

 

* Visual  Iklan dari Air Le Minerale 

 

* Visual Iklan dari Air Aqua

 

Penjelasan:

Dalam kehidupan sehari-harinya kita membutuhkan air untuk mentransportasi mineral, vitamin, protein dan zat gizi lainnya ke seluruh tubuh. Tanpa air manusia akan mengalami dehidrasi dan lebih cepat mati dibandingkan tanpa makanan. Oleh karena itu, saya akan membahas terkait perbandingan karya visual iklan dua merk terkenal dari brand yang berbeda yaitu Aqua dan Le Minerale.

Yang pertama yang akan saya bahas yaitu, Le Minerale. Pada dua poster iklan Le Minerale mempunyai slogan iklan  yang yaitu, “Sayangi keluarga pilih yang bersih & Aman” dan yang ke dua “ GALON SEKALI PAKAI. Bikin tenang, Bikin nyaman”. Menurut saya pesan yang dimaksud pada slogan dalam galon sekali pakai itu kita tidak perlu repot-repot keluar isi ulang airnya  dan tidak perlu mengembalikkan galon nya. Karena, galon Le Minerale di desain hanya untuk sekali pakai. Lalu, slogan ke dua yaitu pilih yang bersih & aman karena, Le Minerale menyakini kalau galon yang sekali pakai itu bersih. Karena, hanya sekali pemakaian bukan yang berkali-kali. Kalau galon yang isi ulang berkali-kali itu kita belum bisa menjamin galon itu bersih. Maka dari itu, Le Minerale berani mengambil slogan tersebut karena galon Le Minerale hanya sekali pakai. Feedback  yang di inginkan dari komunikator pasti nya berharap komunikan ini dapat mengerti pesan yang disampaikan dari iklan Le Minerale yang telah komunikator sampaikan.

        Lalu, untuk visual iklan Aqua terdapat slogan yaitu “Terlindungi dari sumbernya dengan kebaikan yang Terus mengalir Tanpa Menambah Sampah” dari slogan visual iklan Aqua tersebut terlihat bahwa terdapat kata-kata yang di tebalkan yaitu, “Tanpa Menambah Sampah” Aqua ingin menunjukkan bahwa kemasan yang Aqua pakai ini ramah lingkungan. Tidak yang menambah sampah seperti Le Minerale lakuin. Aqua juga menjamin dalam visual iklannya bahwa Aqua benar-benar mengambil air 100% dari mata airnya. Target pasar pada produk Aqua dapat dilihat berdasarkan iklan dari produk tersebut. Bisa di lihat bahwa target pasarnya cenderung kepada Masyarakat metropolitan yang aktif dan dinamis. Hal ini dapat terlihat dari visual iklannya yang mayoritas menampilkan pergerakan waktu, tempat, dan orang-orang dari berbagai aktifitas secara cepat. Berdasarkan pendidikan dan pekerjaan, target audiensce-nya adalah orang-orang berpendidikan yang level pekerjaannya menengah ke atas. Begitu juga dari segi lifestyle, target audience-nya adalah masyarakat metropolitan yang aktif, dinamis, dan memiliki mobilitas yang tinggi dan membutuhkan kepraktisan dalam mengkonsumsi minuman yang baik dan sehat untuk tubuh.

Kesimpulan:

    Dapat disimpulkan bahwa visual iklan dari Le Minerale dan Aqua mempunyai perbedaan dalam segi desain, font, dan juga slogan. Walaupun mempunyai produk yang sama tapi, masing-masing memiliki ciri khas sendiri untuk menarik komunikan. Pesan dari kedua iklan tersebut juga berbeda. Seperti Le Minerale berharap bahwa pesan nya tersampaikan untuk komunikan yang tidak ingin repot untuk membalikkan galon isi ulang dan juga mementingkan kehigenisan-nya. Sedangkan, Pesan yang disampaikan Aqua yaitu, berharap komunikan yang peduli dengan lingkungan itu tertarik dengan Aqua. Karena, Aqua di desain untuk tidak sekali pakai saja tapi bisa berulang-ulang kali. Hal itu, membuat tidak adanya penambahan sampah. Juga, Aqua ingin menyampaikan bahwa airnya benar-benar 100 % murni dari pegunungan. Di lihat dari visual iklan nya yang menonjolkan pemandangan penggunungan. Dari Le Minerale dan Aqua sama-sama ingin pesan dari iklan poster yang mereka milliki tersampaikan kepada komunikan, sehingga komunikan tertarik terhadap produknya. 

Sumber :

https://sjifa.wordpress.com/2013/06/24/analisis-segmen-dan-target-pasar-aqua/

https://images.app.goo.gl/ESuWKkLia6RAkZ7dA

https://images.app.goo.gl/hs9a27zK9QwF6JJ2A

https://images.app.goo.gl/an55Tagtgcs9wEfS7

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KETERIKATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PELAJAR

materi 6- Masyarakat dan budaya