Perbandingan visual iklan Air Aqua dan Air Minerale
PERBANDINGAN VISUAL IKLAN
AIR AQUA DAN AIR LE MINERALE
Nabilla
Ananda Parta | 10822742 | 2MA10
* Visual Iklan dari Air Le Minerale
* Visual Iklan dari Air Aqua
Penjelasan:
Dalam kehidupan sehari-harinya kita
membutuhkan air untuk mentransportasi mineral, vitamin, protein dan zat gizi
lainnya ke seluruh tubuh. Tanpa air manusia akan mengalami dehidrasi dan lebih
cepat mati dibandingkan tanpa makanan. Oleh karena itu, saya akan membahas
terkait perbandingan karya visual iklan dua merk terkenal dari brand yang
berbeda yaitu Aqua dan Le Minerale.
Yang pertama yang akan saya bahas yaitu,
Le Minerale. Pada dua poster iklan Le Minerale mempunyai slogan iklan yang yaitu, “Sayangi keluarga pilih
yang bersih & Aman” dan yang ke dua “ GALON SEKALI PAKAI. Bikin tenang, Bikin
nyaman”. Menurut saya pesan yang dimaksud pada slogan dalam galon sekali pakai itu
kita tidak perlu repot-repot keluar isi ulang airnya dan tidak perlu mengembalikkan galon nya. Karena,
galon Le Minerale di desain hanya untuk sekali pakai. Lalu, slogan ke dua yaitu
pilih yang bersih & aman karena, Le Minerale menyakini kalau galon yang
sekali pakai itu bersih. Karena, hanya sekali pemakaian bukan yang berkali-kali.
Kalau galon yang isi ulang berkali-kali itu kita belum bisa menjamin galon itu
bersih. Maka dari itu, Le Minerale berani mengambil slogan tersebut karena
galon Le Minerale hanya sekali pakai. Feedback yang di inginkan dari komunikator pasti nya berharap
komunikan ini dapat mengerti pesan yang disampaikan dari iklan Le Minerale yang
telah komunikator sampaikan.
Lalu, untuk visual iklan Aqua
terdapat slogan yaitu “Terlindungi dari sumbernya dengan kebaikan yang Terus
mengalir Tanpa Menambah Sampah” dari slogan visual iklan Aqua tersebut terlihat
bahwa terdapat kata-kata yang di tebalkan yaitu, “Tanpa Menambah Sampah” Aqua ingin
menunjukkan bahwa kemasan yang Aqua pakai ini ramah lingkungan. Tidak yang
menambah sampah seperti Le Minerale lakuin. Aqua juga menjamin dalam visual
iklannya bahwa Aqua benar-benar mengambil air 100% dari mata airnya. Target
pasar pada produk Aqua dapat dilihat berdasarkan iklan dari produk tersebut.
Bisa di lihat bahwa target pasarnya cenderung kepada Masyarakat metropolitan
yang aktif dan dinamis. Hal ini dapat terlihat dari visual iklannya yang
mayoritas menampilkan pergerakan waktu, tempat, dan orang-orang dari berbagai
aktifitas secara cepat. Berdasarkan pendidikan dan pekerjaan, target
audiensce-nya adalah orang-orang berpendidikan yang level pekerjaannya menengah
ke atas. Begitu juga dari segi lifestyle, target audience-nya adalah masyarakat
metropolitan yang aktif, dinamis, dan memiliki mobilitas yang tinggi dan
membutuhkan kepraktisan dalam mengkonsumsi minuman yang baik dan sehat untuk
tubuh.
Kesimpulan:
Dapat disimpulkan bahwa visual iklan dari Le Minerale dan Aqua mempunyai perbedaan dalam segi desain, font, dan juga slogan. Walaupun mempunyai produk yang sama tapi, masing-masing memiliki ciri khas sendiri untuk menarik komunikan. Pesan dari kedua iklan tersebut juga berbeda. Seperti Le Minerale berharap bahwa pesan nya tersampaikan untuk komunikan yang tidak ingin repot untuk membalikkan galon isi ulang dan juga mementingkan kehigenisan-nya. Sedangkan, Pesan yang disampaikan Aqua yaitu, berharap komunikan yang peduli dengan lingkungan itu tertarik dengan Aqua. Karena, Aqua di desain untuk tidak sekali pakai saja tapi bisa berulang-ulang kali. Hal itu, membuat tidak adanya penambahan sampah. Juga, Aqua ingin menyampaikan bahwa airnya benar-benar 100 % murni dari pegunungan. Di lihat dari visual iklan nya yang menonjolkan pemandangan penggunungan. Dari Le Minerale dan Aqua sama-sama ingin pesan dari iklan poster yang mereka milliki tersampaikan kepada komunikan, sehingga komunikan tertarik terhadap produknya.
Sumber :
https://sjifa.wordpress.com/2013/06/24/analisis-segmen-dan-target-pasar-aqua/
https://images.app.goo.gl/ESuWKkLia6RAkZ7dA
Komentar
Posting Komentar